Monday, September 12, 2016

JALAN-JALAN KE SINGAPUR - 5

Pukul 9 pagi, gw check out dari hotel. Penerbangan gw masih jam 5 sore, jadi setelah packing, kalo mau barang bisa dititipkan terlebih dahulu di resepsionis. Agenda selanjutnya gw akan ke Bugis Street. Karena udah sering naik MRT, gw ke sana naik bus, kebetulan haltenya pas depan Clarke Quay Center. Tapi sebelumnya, gw nanya dulu ke resepsionis, naik bus nomor berapa untuk ke Bugis. Kalo ga salah busnya itu nomor 12 dan bus tingkat. Singapore itu memang betul smart city... terbukti di halte busnya ada LCD yang memberikan info nomor bus serta berapa menit lagi tiba dan menit ketibaan berikutnya. Tips untuk naik di bus Singapore, kalo kamu ga pake e-money, kamu harus bayar pake uang cash, tapi harus koin dan uang pas, karena sopirnya ga bakal kasih uang kembalian. Bayarnya bisa di mesin sebelah pak sopir.

Perjalanan ke Bugis terbilang lancar dan cukup deket, cuman 2 halte doang. Bugis Street menurut gw mirip kaya pasar Blok M di Jakarta, tempatnya terbuka. Waktu gw datang masih pagi, jadi banyak toko yang belum buka, tapi udara udah panas banget. Jadi gw dan rombongan nyebrang ke Bugis Juction untuk ngadem. Beberapa bagian malnya ada wilayah terbuka gitu, mirip Cilandak Town Square di Jakarta. Beberapa toko pakaian yang gw kunjungin adalah DC Super Heroes, Giordano, Bossini, Under Armor dan Vintage yang ga ada di Jakarta, Share Tea sambil istirahat, lalu makan siang di food junction. Gw makan Japanese Original Curry Rice porsi besar, harganya cuman 5 SGD loh. Bugis Junction isinya ga cuman toko bermerek loh guys, banyak juga merek-merek Singapore yang harganya masih relatif murah. Bisa menjadi salah satu alternantif tujuan wisata belanja barang bermerek di Singapore.
Japanese Original Curry Rice
Selesai makan, gw nyebrang lagi ke Bugis Street untuk beli oleh-oleh. Kalo menurut gw pribadi, barang-barang di sini lebih murah dari pada Orharch Rd. Tadi ada beberapa barang bagus yang menurut gw harganya kelewat mahal untuk ukuran pasar. Kalo kata temen gw sih, sistemnya sama kaya di Indonesia, tawar sampai harga terendah, hehe. Oh iya, di sini juga banyak jajanan dan ada money changer yang nerima rupiah. Gw balik ke kantor naik bus lagi, dan jaraknya 5 halte dari Bugis Street ke Clarke Quay Center. Sampe di hotel jam 2 siang, dan langsung menuju Changi Airport dengan menggunakan MRT lagi.
Kalo gw pribadi sih lebih seneng kereta/MRT langsung atau khusus ke bandara, seperti di Malaysia. Kalo di Singapore, MRT-nya gabung dengan trayek umum, jadi ga bisa sedikit nyantai, karena kita bawa banyak barang dan harus berbaur dengan penumpang lain (kalo jam padat bisa penuh banget).

Gw balik ke Jakarta naik Air Asia lagi. Gate-nya itu di D-48, itu adalah Gate terakhir yang paling ujung. Kebayangkan luasnya Changi dan untuk ke Gate itu aja perlu jalan kaki 10 menit. Di dalam pesawat, lagi-lagi delay, 1 jam guys. Tapi karena gw udah capek banget, gw langsung tidur, jadi ga berasa. Awalnya sebelah bangku gw kosong, lumayan bisa duduk depan jendela, eh ternyata ada ibu dan anak yang pindah sebelah gw, karena suami dan anaknya persis di belakang bangku gw. Walhasil selama perjalanan lumayan berisik dengan celotehan bocah-bocah.

Oke, segitu aja perjalanan gw selama di Singapore. Semoga catatan gw ini bisa bermanfaat yah buat kalian yang baca ^^. Terima kasih sudah berkunjug ke blog gw dan menyempatkan waktunya untuk membaca tulisan gw ini. Bila ada yang mau tanya-tanya, silakan tinggalkan di kolom komentar yah guys. Kalo ada waktu, pasti gw langsung bales kog. Sekian.